Kehidupan Cinta dan Kepribadian

Memiliki Kehidupan yang Lebih Baik

Banyak sekali orang-orang di seluruh dunia ini yang dapat dikatakan sudah meraih kesuksesan. Bahkan tidak jarang ada orang-orang yang pada usia mudanya sudah mencapai puncak karir mereka. Tetapi pernahkah kita mencoba menanyakan kepada mereka, apakah mereka memiliki kebahagiaan yang sejati di dalam semua kesuksesan yang mereka raih? Mungkin sebagian besar orang tersebut akan menjawab dengan kata "tidak". Mengapa? Karena mereka seringkali melupakan hal-hal sederhana yang justru sebenarnya dapat menjadi kunci untuk meraih kebahagiaan sejati dalam hidup mereka dan justru dapat membawa mereka untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat menjadi kunci untuk memiliki kehidupan yang lebih baik:

1. Belajarlah untuk memaafkan tanpa menyimpan dendam.
Survei membuktikan bahwa hampir semua penderita kanker di seluruh dunia memiliki dendam atau kepahitan terhadap orang lain yang mereka pendam selama bertahun-tahun. Melalui survei ini juga ditemukan adanya korelasi antara penderita kanker dan rasa dendam yang terpendam tersebut. Padahal, bila kita teliti lebih dalam lagi, siapakah yang sebenarnya akan merasa rugi bila kita terus menyimpan kemarahan terhadap orang lain? Bila kita merasa sakit hati, hati siapakah yang sebenarnya sakit? Hati kita sendiri bukan? Semua tindakan kita menolak untuk memaafkan hanya akan mengakibatkan kerugian bagi diri kita sendiri.

2. Rayakan kesuksesan-kesukses an kecil kita bersama orang-orang yang kita kasihi.
Bila kita mengalami suatu kesuksesan dalam meraih suatu tujuan, cobalah untuk membaginya dengan orang-orang yang kita kasihi, seperti keluarga kita, sahabat-sahabat kita, kekasih kita. Walaupun mungkin tidak banyak orang yang akan merayakan kesuksesan tersebut, tetapi keakraban hubungan interpersonal yang terjadi akan membuat kita semakin terdukung dan lebih berani untuk menghadapi tantangan yang akan datang.

3. Jangan ragu untuk menjadi pribadi yang terbuka dalam keluarga.
Banyak keretakan dalam sebuah rumah tangga diakibatkan hanya oleh adanya sikap saling merahasiakan. Mari kita lihat bersama, bila kita tidak bisa mempercayai keluarga kita sendiri, siapakah yang akan kita percayai? Nilai-nilai keterbukaan dalam sebuah keluarga akan menciptakan keakraban dan rasa bersatu yang lebih solid antar anggota keluarga.

4. Seimbangkan antara kesibukan dan kesehatan.
Menjadi orang yang memiliki banyak aktivitas itu baik. Tetapi apabila hanya karena semua kesibukan tersebut kita mengorbankan kesehatan kita, maka semua itu hanya akan menjadi hal yang sia-sia. Aturlah menu makanan kita dengan baik, dan jangan makan makanan secara berlebihan. Miliki kebiasaan tidur cukup, dan biasakan untuk berolahraga secara rutin bila ada kesempatan. Bila memang tidak memiliki waktu khusus untuk berolahraga, kita dapat melakukan olahraga-olahraga kecil di rumah, seperti sit-up, push-up, atau lari-lari di tempat, dsb.

5. Biasakan tidak membawa pekerjaan ke dalam rumah.
Jangan membawa pekerjaan kita ke dalam rumah. Bila memang perlu, ambillah waktu lembur setidaknya satu atau dua jam. Bila memang terpaksa pekerjaan tersebut harus dibawa ke rumah, alangkah baiknya bila kita tetap meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, contohnya pada waktu makan malam, dsb. Dengan demikian, resiko stres yang akan kita hadapi akan relatif lebih rendah.

Kelima hal tersebut bukanlah hal yang berat untuk kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan mungkin kita semua sudah pernah mengetahui tentang kelima hal tersebut. Tetapi disadari atau tidak, kita seringkali melupakan hal-hal tersebut. Padahal, bila kita terbiasa melakukan hal-hal tersebut, kita akan memiliki kehidupan yang lebih baik, dan dengan sendirinya kita dapat memperoleh kebahagiaan yang tidak semu dalam hidup ini.

Mewarnai Dunia Dengan Cinta

Cinta merupakan salah satu hal yang paling penting di dunia ini. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa cintalah yang membuat dunia ini berputar. Tetapi sangat disayangkan bahwa banyak orang yang mengalami 'krisis cinta', dan cinta mereka memudar seiring berjalannya waktu. Mengapa? Karena banyak orang yang tidak mengerti bahwa kunci untuk memiliki cinta yang tidak pernah pudar adalah justru membagi cintanya dengan orang lain, dan bukan hanya menerima.

Berikut ini beberapa tips mengenai apa yang dapat kita lakukan dalam membagi cinta kita dengan orang lain:

1. Berikan suatu tanda mata kepada orang yang kita kasihi.
Saat kita memberikan hadiah berupa barang, barang tersebut bukan dinilai dari seberapa mahal pemberian tersebut. Suatu barang akan memiliki makna dan nilai lebih bila diberikan dengan hati yang tulus dan keinginan untuk menyenangkan hati orang yang kita kasihi.

2. Berikan kata-kata positif untuk orang lain.
Pada saat kita melihat orang lain berprestasi, jangan ragu-ragu untuk memberikan suatu pujian yang tulus dan ucapan selamat atas prestasi tersebut. Begitu pula pada saat kita melihat orang lain yang sedang mengalami masalah, belajarlah untuk memberikan kata-kata yang memberikan semangat dan dukungan untuk dia, dan bila memungkinkan membantu dalam memberikan solusi bagi orang tersebut.

3. Memberikan bantuan bila diperlukan.
Kita harus memiliki inisiatif untuk mau menawarkan diri untuk siap membantu orang lain. Dengan catatan semua yang menjadi prioritas pekerjaan pribadi kita telah terselesaikan, maka kita dapat menawarkan bantuan kepada orang lain. Beberapa orang akan merasa sangat senang bila mereka mendapatkan bantuan untuk mempercepat penyelesaian dari pekerjaannya, walaupun mereka tidak memintanya.

4. Luangkan waktu untuk orang yang kita kasihi.
Seringkali untuk beberapa orang, meluangkan waktu untuk mereka adalah suatu hal yang sangat penting. Walaupun itu mungkin hanya 1 jam atau 15 menit sekalipun, tapi bila benar-2 dalam waktu tersebut kita benar-2 mencurahkan perhatian kita sepenuhnya kepada orang tersebut, maka waktu itu akan menjadi sangat berharga baginya. Selama waktu tersebut, konsentrasikan diri Anda untuk berinteraksi penuh dengan orang yang kita kasihi tersebut, dan jangan memikirkan hal-2 yang lain. Kebersamaan adalah hal yang sangat penting di sini.

5. Berikan sentuhan fisik bila diperlukan.
Walaupun hanya sekedar berjabat tangan pada saat memberikan ucapan selamat bagi orang yang berprestasi, bila hal tersebut dilakukan dengan tulus, maka sentuhan fisik yang terjadi akan merupakan suatu hal yang sangat berharga baginya. Bila kita sedang berhadapan dengan orang yang kita kasihi, seperti pasangan, anak atau orang tua kita, sentuhan fisik ini dapat memiliki bentuk yang lebih luas, seperti mencium, membelai rambut, merangkul, memberi tepukan lembut di punggung, dsb.

Pada dasarnya, kelima hal tersebut di atas hanya dapat dilakukan bila kita tidak menjadi orang yang hanya mementingkan diri sendiri. Kita harus belajar untuk memperhatikan orang lain dan melihat apa yang menjadi kebutuhan mereka, terutama bila orang tersebut adalah orang yang kita kasihi. Bila kita terus bersikap egois, maka kita tidak akan pernah dapat memberikan cinta dengan tulus, dan dengan sendirinya cinta yang kita terima pun akan cenderung merupakan cinta yang tidak tulus pula. Mari kita mulai mewarnai dunia ini dengan cinta! (SE)

Memiliki Kepribadian Menarik

Adakalanya stress dan beban pikiran mengganggu keseharian kita. Namun jangan biarkan hal-hal negatif tersebut merubah kepribadian kita. Berikut kiat agar kita senantiasa tampil menarik.

¡P Awali dan akhiri hari dengan senyuman
Betapapun buruknya hari yang Anda lalui, usahakan tetap tersenyum. Anda mungkin akan merasa terpaksa pada awalnya, tapi jangan menyerah. Anda akan merasa betapa sebuah senyuman dapat memperindah kehidupan dan meningkatkan semangat Anda.

¡P Kuasai Emosi dan Kontrol Diri
Orang lain menilai Anda dari ekspresi wajah yang Anda tampilkan. Saat Anda marah atau tertekan, usahakan agar mimik wajah Anda netral. Jangan biarkan dahi Anda berkerut saat emosi Anda memuncak, karena kerutan tersebut akan membuat Anda tampak lebih tua.

¡P Jaga Jalinan Komunikasi
Memutuskan untuk menyendiri dan menolak berkomunikasi secara emosional saat hari-hari Anda penuh kegelisahan dan ketegangan hanya akan semakin membuat batin Anda tersiksa dan memperunyam keadaan. Apapun situasinya, buatlah keadaan menjadi lebih menyenangkan dengan berbagi serta berkomunikasi dengan sahabat atau teman kerja Anda.

¡P Rasakan Perasaan Orang Lain
Sebelum Anda mengekspresikan perasaan kesal Anda pada orang lain, pikirkan rasanya bila ada orang lain yang melakukan hal itu pada Anda. Tak ada seorangpun di sekitar Anda yang ingin menjadi obyek cemberut Anda. Jika tidak ingin disakiti, jangan menyakiti.

¡P Ceriakan Hari dengan Tawa
Seberat apapun hari yang Anda lalui, cobalah untuk selalu memiliki sense of humor. Tertawa baik bagi jiwa dan membuat orang di sekitar Anda merasa lebih baik. Dengan berbagi tawa, orang lain akan menilai Anda sebagai orang yang menyenangkan dan berkepribadian menarik.

Auto Content ABS

Like this article ?

About Herbal Indonesia

Admin Blog

Kehidupan Cinta dan Kepribadian
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite